TIPS MENJAGA KESEHATAN BURUNG PUYUH AGAR PRODUKTIVITS TINGGI

TIPS MENJAGA KESEHATAN BURUNG PUYUH AGAR PRODUKTIVITS TINGGI

Teknik Budidaya Puyuh Petelur agar senantiasa sehat, hal-hal yang perlu kita perhatikan dan dilakoni biar Budidaya Puyuh yang kita pelihara tidak mengidap penyakit dan berproduksi tinggi dan stabil, panduan menjaga kesehatan burung puyuh serta metode pendukung apa saja yang kita butuhkan  antara lain adalah :
Cleaning Program
Cleaning program bertujuan untuk membinasakan bibit penyakit yang sedang dalam fase inkubasi ( periode periode antara kandidat penyakit masuk sampai membuat isyarat klinis ). Pemberian antibiotik deng spektrum luas niscaya diperlukan serupa Therapy, Neo Meditril, Trimezyn ataupun Doctril sepanjang 3-5 hari saat sebelum peristiwa penyakit. Kalian juga dapat menggunakan jamu eksklusif peliharaan yang telah kita bahas pada tulisan sebelumnya. Yang berikan panduan serta metode biar puyuh senantiasa fit.  
Menjaga Kebersihan Kandang

Upaya melindungi kebersihan mencakup sanitasi serta desinfeksi kansertag serta peralatan. Tempat minum wajib dicuci serta didesinfeksi tiap-tiap kali gembala hendak mengubah ataupun menjejali air minum, sementara itu tempat sehinggan yang rata-rata berwujud kotak gawang berjarak lumayan dikeruk biar menghindari tumbuhnya jamur dari ransum yang embal. Pada sebagian perkara pada konsumsi tempat minum nipple, dijumpai pipa saluran yang berlumut serta menyumpal alhasil mampu berdampak pikau kurang minum sehinnga mampu membuat tubuh kehilangan cairan. Lakukan pula flushing buat membersihkan lumut ataupun biofilm yang melekat pada pipa saluran air.

Pengendalian Binatang Buas serta Bektor Penyakit

Hama yang selalu mengusik peliharaan Budidaya puyuh di antara lain tikus, kecoa, serta semut. akan tetapi, hama yang lumayan mengusik yakni tikus. Hama ini ada dimana-mana serta gampang mengenai apa saja, terhitung menebarkan kandidat penyakit sampai-sampai mampu menyantap telur Budidaya puyuh. Pencegahannya dengan merang tutup media telur pada ram kawat di lubang lubang angin baterai dan juga sering menutup pintu ruangan. Bila memanglah dibutuhkan pestisida. 

Isolasi Budidaya Puyuh Sakit

Budidaya Puyuh sakit yaitu pangkal penjangkitan bibit penyakit yang mendasar, serta hendaknya cepat dipisahkan alhasil penjangkitan mampu diminimalkan paling utama penyakit Coryza. sementara itu pikau yang mati cepat dimunculkan dari kansertag serta dimusnahkan dengan metode dikubur ataupun dibakar. 

Baca Juga : Klik disini  Jamu Buat Burung Puyuh serta Ayam

Buat Lubang Angin Yang Cukup
Keberadaan lubang angin sungguh absolut dibutuhkan, sekalipun dalam masa menyalakan. jendela berguna sebagai pintu masuk kemudian rute Angin keluar. gerakan cuaca diibaratkan serupa arus air sehingga cuaca yang masuk wajib keluar dari bagian kansertag lain yang terbuka ataupun terbentuknya perputaran cuaca.

Hal ini sungguh berguna buat Budidaya Puyuh sebab mampu menghindari kandidat penyakit yang berbaur dengan udara berkeliling di dalam ruangan. jendela hendaknya terbuka di tiap-tiap bagian.

Kecukupan Nutrisi Serta Air Minum
Air minum wajib sering cawis ataupun ad libitum. amati pula mutu air minum cakap jasmani, kimia ataupun isi mikroorganismenya. kapasitas serta mutu ransum yang dikasihkan sungguh memutuskan  pembuatan serta mutu telur pikau. Terpenuhinya kepentingan hendak nutrisi itu, hendak menciptakan telur yang berbobot, serta pula ikut bertindak dalam menambah jumlah pembuatan telur Budidaya Puyuh. Defisiensi nutrisi dalam ransum hendak kurangi kualitas telur. Salah satunya defisiensi vit D. gizi D berkorelasi dengan metabolisme kalsium, alhasil berguna dalam pendirian kandang.

Hal lain yang butuh diamati pula dalam mencukupi kepentingan nutrisi pikau di antara lain ketika menjalankan pergantian ransum ke masa sesudah itu wajib dilakoni dengan cara berantara biar peliharaan mampu sesuaikan diri dengan mutu ransum yang anyar. saat sebelum serta setelah pergantian ransum pula bagikan multivitamin serupa Vita Stress. Pemberian ransum janganlah hingga terlambat sebab hendak mempengaruhi  pembuatan telur.

Pencahaya'an Yang Optimal
Pada Budidaya Puyuh layer, pemancaran sinar matahari sungguh berguna buat diamati. Lama pemancaran yaitu aspek mempengaruhi pada kesuburan telur. Lama pemancaran pengaruhi transmutasi ransum yang dipakai Budidaya Puyuh. Budidaya Puyuh yang menemukan pemancaran lebih lama hendak menggunakan ransum lebih banyak. hendaknya pemancaran cahaya pada puyuh betina dikasihkan sepanjang 24 jam.

Terutama pada saat puyuh betina yang baru mulai bertetelur, akan tetapi pemancaran cukup dikasihkan 15 jam sehabis seluruh puyuh bertelur. puyuh hendaknya memperoleh cahaya dari bohlam lampu 25 watt yang diletakkan di tiap kandang dengan ukuran 8 x 6 meter 6 buah lampu.

Hindari Kondisi Gaduh
Menghindari kondisi gaduh yaitu salah satu metode biar Budidaya Puyuh senantiasa fit dan kesuburan Budidaya Puyuh sungguh didetetapkan oleh ketenteraman dalam berpembuatan. jauhkan Budidaya Puyuh dari kondisi hingar-bingar dan gaduh dengan cara tiba-tiba sebab akan membikin Budidaya Puyuh makin stress sampai merendahkan kesuburan sampai-sampai kematian.

Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Budidaya Puyuh
Pengamatan kesehatan Burung Puyuh wajib dilakoni setiap saat, yakni ketika pemberian ransum dan air minum, membersihkan tahi, memberikan vaksin, ataupun gerakan teratur yang ada. Tujuannya biar kendala  kesehatan puyuh terpantau, serupa kurang gairah makan ataupun isyarat terserang penyakit. tenaga kerja kandang pula wajib kritis ketika pemantauan kandang sekiranya mendeteksi puyuh yang terhimpit wajib dibantu buat dilepas. arti Jahe buat itik ( Puyuh serta Ayam )

Budidaya puyuh mempunyai kemampuan yang cakap buat dibesarkan. biar kemampuan itu mampu dijamah pastinya gembala harus mencermati penyeimbang program kesehatan yang pas dan terciptanya area yang nyaman. berikutnya, diperlukan manajemen perlindungan yang terkoordinasi dengan cakap biar produksi mampu bertahan lebih lama dan profit optimal mampu dihasilkan gembala. Salam.

Demikian Penjelasan singkat tentang tata cara menjaga kesehatan burung puyuh, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang kesehatan ternak kita.

Posting Komentar

0 Komentar