CARA MUDAH MERAWAT DOQ UNTUK PEMULA

Cara Pembesaran Bibit Puyuh
Sejak Umur 0 hari
DOQ Puyuh
Postingan kali ni merupakan lanjutan dari “Panduan Beternak Puyuh Petelur" yang Pada bahasan kali ini saya akan memfokuskan pada cara pembesaran DOQ bibit puyuh petelur.
Hal mengenai pembesaran DOQ burung puyuh petelur ini sangatlah penting untuk dibahas. Karena dari sinilah yang menentukan baik dan tidak-Nya Kualitas Puyuh Petelur yang kita termakan. Proses pembesaran ini juga yang menentukan tinggi rendahnya Produktivitas telur.

Sebagai Pemahaman.
Dalam merawat Burung Puyuh ini di bagi menjadi tiga fase yaitu :
Fase Starter : 
Saat DOQ umur 0 - 25 hari. Dua Minggu pertama DOQ membutuhkan penerangan sebagai sumber penghangat 24 jam Full, karena jika kurang hangat anak Puyuh ini akan menggerombol dan saling tindih, jika itu terjadi akibat-Nya anak Puyuh ini banyak yang akan mati.
Fase Growing : 
Pada tahap kedua ini umur Puyuh 25 30 hari  yang harus diperhatikan adalah kepadatan-nya dan suplay makanan dan minuman-Nya, selama makan dan minum tercukupi kita bisa sedikit bersantai. Penerangan di berikan hanya saat malam hari saja, atau saat suhu udara dingin.
Hingga nanti terbentuk puyuh yang siap telur, baik matang tubuh maupun matang kelamin. Sehingga pembentukan ovary atau ovarium terdapat follikel tempat pembentukan kuning telur. sedang oviduct tempat perjalanan pembentukan sebutir telur tumbuh secara lengkap. Perawatan yang kurang baik pada tahapan ini mengakibatkan kurang sempurnanya juga pada masa dewasa, dimana dalam memproduksi telur juga menjadi tidak optimal.
Fase Layeng :  
Adalah masa produksi pada saat ini Puyuh sudah berumur 30 - Afkir 

Untuk Metode Perawatan DOQ ini ada dua Cara yaitu :
Metode Kandang Kabinet
Kandang DOQ Kabinet Syntem
Pembesaran model Kandang sistem kabinet ini keunggulannya adalah perawatan relatif lebih mudah, Suhu akan terkontrol dengan baik dan yang paling penting biaya relatif lebih murah. Karena bisa untuk beberapa kali proses pembesaran. 
Untuk cara merawat tak jauh berbeda intinya sebelum DOQ Puyuh masuk seterilkan terlebih dahulu dengan Disinfektan/Dekomposter juga bagus. Cek semua lampu apakah ada yang mati. Langkah terakhir cek Suhu dan kelembapan udara, jika kelembapan tinggi perbaiki dengan menambahkan penyuplai udara. Untuk proses pemberian makan dan minum tidak jauh berbeda dengan Postal Litter.
Selanjutnya Cek In DOQ Puyuh bisa kita lakukan.
Metode Kandang
Postal Litter ( Umbaran )
Kandang Postal Litter
Sistem litter atau umbaran di lantai dengan alas sekam. Keuntungan menggunakan Kandang seperti ini adalah sirkulasi udara bisa terkontrol dengan baik, begitu juga Suhu akan sangat mudah di kontrol syarat utama untuk Kandang Litter ada adalah pemanas sebisa mungkin menggunakan Gasolek, apalagi jika pembesaran yang kita lakukan pada saat musim hujan, kalau menggunakan lampu Suhu tidak akan mencukupi. Kelebihan lainnya adalah Kapasitas atau Populasi DOQ. Namun ada juga kekurangannya, Kandang model Litter ini Rentan terhadap serangan Patogen atau bakteri jahat yang di timbulkan dari feses dan tinggi nya Amoniak. Namun Jangan kuatir Penulis punya solusinya dan sudah penulis coba beberapa kali dan sukses. 
Saya sudah 4 kali menggunakan cara ini untuk pembesaran DOQ Puyuh. Pertama tergolong gagal, karena kematian yang tinggi dari 1000 DOQ yang bertahan hidup sampai besar hanya 80% saja. Setelah saya amati alas Liter dari sekam menimbulkan Suhu panas yang cukup tinggi dan di tambah Amoniak dari feses DOQ lengkap sudah ketidak nyamanan lingkungan hidup DOQ. Saya tidak bosan mencoba lagi untuk yang kedua kalinya. Untuk kali ini ada beberapa proses penyiapan alas yaitu sekam padi, 3 hari sebelum Sekam di ratakan terlebih dahulu saya fermentasi Aerob menggunakan Dekomposter Extra 88 + Molase setelah 3 masa Fermetasi baru saya ratakan, dengan ketebalan 8 - 10 cm Sebelum menebar DOQ puyuh, Kembali saya Dekomposter setelah penyemprotan selesai hidupkan pemanasnya dan cek suhu serta kelembapannya. 
Hati-hati jika DOQ bergerombol di sudut atau pinggiran. Kalau sudah numpuk hampir dipastikan ada yang cacat ataupun mati. Maka fase sepekan pertama menjadi sangat kritis. Kita harus stand by terus. Kalau numpuk segera ambil dan kumpulkan ketengah. Ke bawah gasolek biar hangat. Cek kakinya apakah dingin. jika dingin maka ia kedinginan dan butuh kehangatan lebih
Pemberian Pakat :
Mengacu pada pengalaman saya sendiri dan dari Peternak Binaan Kami, untuk pakan puyuh pada masa stater ini menggunakan pakan Per Starter ayam Pedaging merk bisa apa saja. Sejak dari umur 0 hari sampai sekitar umur 30 hari. Biasanya dari 6 sak pakan stater untuk 1000 ekor DOQ, pada saat naik kandang (seringnya kalau yang saya alami, naik kandang pada umur 25 hari), pakan masih sisa hampir setengah sak (25 kg). 
Yang perlu diperhatikan pada masa pembesaran DOQ puyuh petelur.
Dari selama ini membesarkan DOQ puyuh petelur. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan dan pemeliharaan masa pembesaran ini :
Terkait dengan pemanas. Apabila DOQ puyuh petelur ini mengumpul berdesak-desakan, atau bahkan saling menumpuk di pusat pemanas (terutama yang memakai lampu bohlam), berarti suhu ruangan dalam kandang pembesaran kurang panas. Solusinya, tambahkan lagi pemanas. Berlaku untuk kedua metode sistem kabinet atau Postal Litter 
Beda lagi apabila DOQ puyuh petelur ini hampir semua atau banyak yang merapat di dinding. Berarti terlalu panas. Solusinya, kurangi suhu pemanas.
Ciri yang suhunya disenangi atau cukup pas alias normal ialah ketika DOQ puyuh petelur cenderung menyebar. Pada kondisi ini lebih banyak aktivitas makan, minum, dan tidur.
Masa yang rawan pada tahap pembesaran ini sekitar 3 hari. Setelah itu lebih rileks dalam perawatan. Terutama yang berkaitan dengan pemanasan.
Untuk galon kecil tempat minum sebaiknya diberi batu-batu kerikil di wadah minumnya. Agar si puyuh kecil tidak basah kuyup.
Dalam masa rawan 3 hari, ketika meletakkan galon kecil tempat minum usahakan rata. Terpaksanya agak miring, lubang keluarnya yang lebih rendah. Tujuannya agar air tidak membasahi lantai yang bisa mengakibatkan banyak DOQ  puyuh petelur ini basah kuyup. Risiko kebanjiran ini bisa mengakibatkan kematian dalam jumlah besar.
Jika galon digantung, pada masa 1 atau 2 hari kadang beresiko DOQ bibit puyuh petelur ini suka nyungsep di bawah galon. Ada sela sedikit, suka dipakai sembunyi. Akibatnya ya basah kuyup, kalau tidak tertolong, ya kematian juga. Kan sayang ya.
Jika pakan stater untuk pertama pemberian digiling, usahakan tidak terlalu lembut menepung. Bisa-bisa kita sibuk mengelupas pakan yang menempel di mata DOQ puyuh petelur. Perlu diperhatikan bahwa pada masa ini, mereka tidurnya sembarangan dengan mata menempel di pakan yang ditebar.
Untuk kandang pembesaran yang memakai lapisan kertas, teliti jangan ada lubang untuk sembunyi. Sering DOQ bibit puyuh petelur bisa masuk, tapi tidak bisa keluar.
Untuk yang memakai pemanas dengan lampu listrik, apabila terjadi pemadaman, asal sebelumnya panasnya mencukupi, langsung kandang pembesaran ditutup rapat. Apalagi jika kandang pembesaran di ruangan tertutup. Lebih dari 4 jam pun dari yang pernah saya alami, masih aman. Ini untuk umur kurang dari 2 hari. 

Demikian penjelasan tentang Pembesaran DOQ Puyuh mulai 0 hari, semoga menjadi referensi untuk pembaca yang baru akan memulai bisnis usaha di bidang Peternakan Burung Puyuh ini
Jika Ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar.
Share dan komentar anda membantu saya sebagai penulis.
Akhir kata wassalamu'alaikum Wr. WB

Saung Gemak
Hanief Miftahul Huda
D/a : Jl. K Mustajib RT 001/002 Kel Kunir Kec Dempet
Kab Demak Jawa Tengah 59573

Kontak Person





Posting Komentar

0 Komentar