PEMBANGUNAN KANDANG CLOSED HOUSE AYAM PEDAGING

PEMBANGUNAN KANDANG CLOSED HOUSE AYAM PEDAGING


Peternakan ayam dengan kandang model closed house dapat menghasilkan kualitas ayam yang lebih baik dengan kwalitas daging bagus. Berikut kami sajikan biaya pembuatan kandang ayam closed house untuk 1000 hingga 10.000 ekor.
Kandang ayam closed house
Salah satu tipe kandang ayam broiler adalah kandang closed residence, biaya pembuatan kandang ayam closed house ini tergolong mahal. Namun apabila mengacu pada perolehan hasil peternakan kedepannya, maka pemilihan kandang closed residence sangat direkomendasikan.
Hal ini sebab dengan kandang closed house pertumbuhan serta perkembangan ayam broiler akan cukup terjamin. Sehingga akibat panen mampu maksimal , yang pada akhirnya menyampaikan laba yang aporisma pula.

Adapun penyebab mahalnya porto pembuatan sangkar ayam closed house sebab terdapat tambahan pengeluaran buat membeli sistem teknologi.

Biaya pembuatan kandang ayam closed house residence. 
Selain itu, keadaan tertutup juga menyebabkan pertukaran oksigen dapat terganggu tanpa alat bantuan seperti kipas atau blower. Oleh karena itulah biaya pembuatan kandang ayam closed residence menjadi lebih mahal daripada tipe terbuka (open residence).
Lalu apa saja sih alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat kandang ayam broiler closed residence?
Lalu apa saja sih alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat kandang ayam broiler closed house? 
Alat dan Bahan Pembuatan Kandang Ayam Broiler Closed House :

Kipas atau Fan

Kipas atau Fan merupakan alat yang sangat penting untuk sistem kandang closed house, karena digunakan untuk memanipulasi udara di dalam kandang. Adapun kipas yang biasa peternak gunakan yaitu Exhaust Fan dan Blowing Fan.
Harga satu buah Exhaust Fan maupun Blowing Fan berada di kisaran Rp3.794.000 – Rp5.950.000, dan untuk membuat satu kandang closed house membutuhkan beberapa buah Exhaust Fan dan Blowing Fan. Sehingga biaya pembuatan kandang ayam broiler closed house menjadi lebih mahal salah satunya karena alat ini.Biaya pembuatan kandang ayam closed residence. 

Selain itu, keadaan tertutup juga menyebabkan pertukaran oksigen dapat terganggu tanpa alat bantuan seperti kipas atau blower. Oleh karena itulah biaya pembuatan kandang ayam closed residence menjadi lebih mahal daripada tipe terbuka (open residence).

Lalu apa saja sih alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat kandang ayam broiler closed residence?
Alat dan bahan pembuatan kandang ayam broiler closed house
Lalu apa saja sih alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat kandang ayam broiler closed house?

Cooling Pad

Cooling pad berguna buat menyaring udara yg masuk agar terjamin higienis.
Pada sisi lain, cooling pad jua berfungsi buat memanipulasi suhu udara yang masuk ke dalam kandang.
Apabila suhu di luar terlalu panas, maka cooling pad bisa menurunkannya agar permanen sinkron menggunakan yg dibutuhkan.
Adapun harga Cooling Pad per buah kisaran Rp 492.527 – Rp 592.427, karena ukurannya yang kecil maka untuk satu kandang closed house akan memerlukan beberapa Cooling Pad.

Heater

Apabila Cooling Pad berfungsi untuk menurunkan suhu udara yang berasal dari luar, maka alat ini adalah kebalikannya, yaitu Heater yang berfungsi untuk menaikan suhu apabila temperatur udara dari luar terlalu dingin.
Harga dan jenis heater yang digunakan dalam pembuatan kandang ayam broiler closed house cukup beragam mulai dari Rp1,000.000 hingga Rp12.000.000.

Controller

Inilah yang menjadi alat paling vital pada sistem kandang closed house, karena Controller mengendalikan semua sistem yang terdapat pada kandang.
Controller bekerja sebagai pengatur hidup atau matinya blowing fan,  exhaust fan,  cooling pad, heater dan sistem dalam kandang yang memerlukan daya listrik.
Dengan begitu, sistem dalam kandang dapat dikendalikan sesuai dengan kebutuhan.
Oleh karena itu, controller menjadi alat otomasi yang paling vital untuk kandang closed residence. Harga Controller kandang ayam broiler closed house yaitu kisaran Rp7.950.000-an.

Genset

Penggunaan genset sangatlah diperlukan dan harus tersedia sebagai sumber daya cadangan, mengingat sistem kandang closed house ini dapat dibilang tidak jalan tanpa listrik. Oleh karena itu, keberadaan genset menjadi poin penting dan krusial.

Harga genset sendiri bermacam-macam, dan berbagai merk, adapun referensi umum yang bisa jadi patokan yaitu genset 150 kVA Rp150.000.000 dan genset 80 kVA Rp80.000.000.

Baja Ringan

Baja ringan digunakan sebagai bahan konstruksi bagian atas kandang ayam. Pemilihan baja ringan bertujuan agar rangka bagian atas kandang tidak mudah dimakan rayap, sehingga dapat bertahan cukup lama. Sifat tahan lama tentunya harus menjadi pertimbangan mengingat biaya pembuatan kandang ayam closed house ini memerlukan biaya yang besar. Adapun harga baja ringan yaitu kisaran Rp35.000 – Rp120.000 per batang, dengan panjang 6 meter dan ketebalan 0.75 mm.

Beton
Beton merupakan pondasi untuk berdirinya kandang ayam broiler sistem closed house. Sifat beton yang kuat sangat berguna untuk menopang konstruksi kandang agar tetap kokoh. Harga beton berada di kisaran Rp700.000 – Rp1.675.000 per m³.
Kayu atau Bambu
Penggunaan kayu dalam  pembuatan kandang ayam broiler berfungsi sebagai tiang penyanggah. Sedangkan bilahan bambu dapat kita gunakan untuk bagian samping/dinding. Apabila rangka bagian atap kandang tidak menggunakan baja ringan, maka bilah bambu dapat menjadi alternatif supaya lebih menghemat biaya.
Harga kayu dan bambu tentunya berbeda-beda untuk setiap daerah. Bambu ampel dengan panjang 7 meter kisaran Rp15.000 – Rp20.000. Sedangkan harga kayu tergantung jenisnya.

Genteng

Genteng berfungsi sebagai atap kandang ayam broiler closed house. Pada dasarnya bagian atap ini dapat menggunakan logam ringan, asbes maupun genteng. Namun agar suhu dalam kandang lebih stabil, maka genteng tanah lebih cocok daripada logam ringan dan asbes.
Ini karena apabila menggunakan logam ringan dan asbes, pada saat siang hari yang terik keadaan di dalam kandang akan terasa sangat panas. Berbeda halnya apabila menggunakan genteng tanah liat. Harga genteng tanah liat pun berbeda-beda yaitu kisaran Rp1.000 – Rp5.000 per buah.

Tirai

Tirai berfungsi untuk menutupi kandang ayam broiler closed house di bagian samping atau dinding. Tirai yang bisa digunakan yaitu terpal yang ukurannya lebar, sehingga kandang benar-benar dalam keadaan tertutup. Penggunaan tirai akan sangat berguna saat terjadi gangguan pada sistem kelistrikan, karena saat listrik mati maka secara otomatis semua sistem kandang ayam closed house tidak akan berfungsi.
Keadaan ini cukup berbahaya untuk keberlangsungan hidup ayam, tidak akan ada pertukaran udara. Dengan penggunaan tirai, maka apabila listrik mati tirai kandang dapat dibuka sebagian agar sirkulasi udara tetap lancar. Adapun harga terpal per meter kisaran Rp5.000 – Rp22.750, berbeda-beda untuk setiap jenis bahannya.

Nah itulah beberapa alat dan bahan yang sekiranya paling umum untuk membuat kandang ayam broiler closed house. Pada dasarnya masih terdapat bahan-bahan lainnya seperti paku, sekrup, dll. Namun tidak akan saya jelaskan secara rinci karena bagian lainnya bersifat pelengkap yang tetap penting, tapi umum diketahui. 

Semoga Bermanfaat....

Artikel Terkait    :

  1. Peternak Ayam Broiler Pemula Wajib Tahu
  2. Panduan Lengkap Cara Beternak Ayam Potong
  3. Pengaruh Cuaca Terhadap Kesehatan Ternak
  4. Pembangunan Kaandang Broiler


Posting Komentar

0 Komentar