CARA MEMBUAT KANDANG PUYUH




‌Persiapan Sebelum Berternak
‌Burung Puyuh

Gambar : Kandang Produksi

Pastikan lingkungan yang nyaman untuk burung‌ ‌Pastikanudara juga cahaya matahari tetap dapat menyinari dalam kandang sesuai kebutuhan.‌ ‌Kendang juga harus mampu melindungi burung dari musim panas dan musim penghujan yang berlebihan, s‌esuaikan Konstruksi rumah kandang dalam jarak tertentu dan ukuran yang dibutuhkan.‌ ‌Buat ruangan tersendiri jika Anda ingin memulai budidaya burung puyuh dari 0 har.

Limbah Kotoran Burung Puyuh ini menimbulkan aroma yang tidak sedap, perlu tindakan antisipasi yang tepat untuk mengatasi bau amoniak ini, untuk membahas masalah Amoniak akan kita bahasnya secara khusus di artikel berikutnya.

U‌kuran Kandang Puyuh Petelur
Agar Burung Puyuh bisa berproduksi‌ ‌dengan baik dan sempurna Sebaiknya ukuran kandang harus di sesuaikan dengan populasi-nya, Ukuran Panjang Kandang 100 x 50 x 22 cm Kapasitas yang tepat adalah 25- 30 Ekor. 1 set Kandang Petelur terdiri dari 5 Kotak dengan ukuran di atas mampu menampung kurang lebih 200 Ekor
‌5 Box membutuhkan 10 buah Nipple Drinker
Gambar Nipple Drinker

‌Box Pembesaran
  • ‌Ukuran Box Pembesaran 200 x 60 x 25 cm 10 buah,K  : 250 ekor umur 1 - 7 hari 
  • Setelah umur 7 hari Setiap 1 Minggu Populasi di Kurangi. Ini kita lakukan sampai umur 4 Minggu dan Puyuh sudah naik kandang Petelur.
  • ‌Heater/Bohlamp 20 - 30 buah 
  • ‌Nampan Untuk Pakan 30 buah ‌
  • ‌Galon ½ Liter Tempat Minum 10 buah‌
  • ‌Probiotik Extra 99 Plus 5 Liter
Kandang Puyuh Petelur
‌Sekarang, untuk membangun kandang Burung Puyuh Petelur, Anda bisa menggunakan ukuran yang sudah saya sebutkan di atas.
‌Rumah Kandang dibangun hendak-Nya menyesuaikan dengan kebutuhan yang terpenting sirkulasi udara dan kelembapan bisa kita kontrol. Kandang juga harus mampu melindungi burung puyuh dari suhu panas dan hujan. 

‌Catatan : Setiap burung membutuhkan sekitar 15 cm ruang gerak agar produksi bisa maksimal. Sarang bertelur yang terpisah penting dalam pengaturan peternakan unggas komersial. Ini akan mencegah mereka untuk menghancurkan telur. Juga, burung yang bertelur membutuhkan perawatan ekstra.

‌Untuk mendapatkan produksi yang baik dari budidaya burung puyuh ini, pastikan lingkungan yang nyaman.  Manajemen pemberian makan dan air minum harus benar. Jika kita memberikan makanan dan air minum yang cukup untuk setiap burung, mereka akan bisa berproduksi secara teratur stabil dan Produksi Telur akan maksimal

Demikian tahapan atau proses membuat kandang puyuh petelur yang baik semoga bermanfaat bagi peternak pemula, atau yang baru ingin memulai beternak burung puyuh.


Saung Gemak
Hanif Miftahul Huda
DS. Bandung Kidul RT 001 RW 002 Kel. Kunir
Kec. Dempet Kab Demak 59573
Untuk Pemesanan Probiotik
Kontak Kami


Posting Komentar

0 Komentar