KEBUTUHAN NUTRISI PAKAN BURUNG PUYUH PETELUR

KEBUTUHAN NUTRISI PAKAN BURUNG PETELUR


Budidaya burung puyuh cukup berpotensi tinggi sebagai salah satu bidang usaha kerakyatan, namun dengan tingginya harga pakan buatan pabrik untuk burung puyuh bisa membuat para Peternak kecil khawatir, sebab itulah harus bisa mencari alternatif lain. Makanan puyuh pabrikan tidak dapat diandalkan karena selain harganya sewaktu-waktu bisa melambung tinggi. Agar lebih aman komposisi pakan puyuh petelur bisa dibuat sendiri dari bahan-bahan yang murah yang berasal dari daerah sendiri.
Meskipun komposisi pakan puyuh petelur buatan sendiri ini bertujuan untuk menekan biaya produksi dalam peternakan burung puyuh, tetapi harus tetap memperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan Burung Puyuh. Kebutuhan energi dan protein dari burung puyuh harus dapat dipenuhi dari makanan yang diberikan. pada dasarnya, Burung Puyuh membutuhkan Energi sebesar 2.700 Kkal sedangkan Protein sebesar 22%.
Waktu yang tepat untuk memberi makan Burung Puyuh sebaiknya tiga kali sehari, seperti jam 6 pagi, 12-1 siang dan 7 malam.  Seperti unggas lainnya, Formula pakan sehari-hari harus mengandung enam Nutrisi, seperti Air, Karbohidrat, Lipid, Protein, Vitamin, dan Mineral.
Semua nutrisi perlu dipasok untuk jumlah Produksi maksimum dari Burung Puyuh  Mereka sangat kecil, jadi Anda harus menyediakan makanan bubuk.
Selain itu, bersihkan tempat makanan dan minumannya menggunakan bahan pembasmi kuman organik. Pastikan air dan makanan cukup untuk 24 jam.
Perlu di Ingat, pada usia 0 - 3 minggu, Burung Puyuh makan sekitar 500 gram, dan saat berusia 3-5 Minggu 19-20 gram/ekor saat mulai bertelur kebutuhan pakan mereka 24-25gram/ekor/hari  
Jadikan Ransum Burung Puyuh yang seimbang adalah yang Kaya dengan Nutrisi yang dibutuhkan. Untuk alasan apa pun, jangan memberi makan Burung Puyuh dengan pakan yang terkena jamur. Rata-rata, setiap Burung Puyuh Dewasa hanya membutuhkan 8-10 kg makanan per tahun. Anda harus memberikan jumlah feed yang tepat untuk mereka agar Produksi bisa maksimal.
Untuk menentukan jumlah pakan yang dibutuhkan sehari-hari agar Peternakan Burung Puyuh menghitung jumlah kebutuhan pakan/ekor di kalikan jumlah Populasi Burung Puyuh.

Kebutuhan Gizi Burung Puyuh dibagi ke dalam tiga kelompok umur yaitu : 
Starter, Grower dan Layer. Kebutuhan Protein, Asam Amino Lisyn, Metionin, dan kebutuhan Metionin + Lisyn menurun dengan bertambahnya umur burung puyuh. Sebaliknya, kebutuhan Energi tetap dan kebutuhan Ca dan P naik begitu burung puyuh mulai bertelur karena Ca dibutuhkan lebih banyak pada saat Burung Puyuh mulai bertelur untuk memenuhi kebutuhan Ca dalam pembentukan kerabang telur. Seperti pada kebutuhan gizi ayam pedaging, dan ayam ras petelur, kebutuhan gizi untuk burung puyuh anjuran SNI (2008) juga lebih rendah dibandingkan dengan anjuran NRC (1994) dengan penjelasan yang sama. Juga konsumsi pakan dalam gram/ekor/hari perlu diperhatikan dan disesuaikan dengan konsentrasi gizi dalam % untuk menjamin kebutuhan gizi tersebut dalam gram/ekor/hari.

Tabel Kebutuhan Gizi Burung Puyuh
Nutrisi
Starter
Grower
Layer
​➤Kadar Air (%)​ ​10.00​ ​10.00​ 10.00
​➤Protein (%)​​24.0​ ​24.0​ 22.0
​➤Lisyne (%) ​1.30 ​1.30 1.00
​➤Metionine (%) ​0.50 ​0.50 0.45
​➤Calsium (%) ​0.80 ​0.80 2.50
​➤Phospor (%) ​0.30 ​0.30 0.350

KOMPOSISI PAKAN PUYUH PETELUR
Tiga Bahan Campuran Pakan Puyuh Petelur
Apabila dihitung banyaknya pakan yang harus diberikan untuk Burung Puyuh, perekor membutuhkan pakan sebanyak 22-23 gram per hari. Dengan membuat komposisi pakan puyuh petelur sendiri, diperkirakan biaya pakan yang diperlukan bisa ditekan sebesar 1000 rupiah untuk per kilogram pakan. Ini akan sangat terasa karena banyaknya pakan yang diberikan bisa puluhan kilogram per harinya.
komposisi pakan puyuh petelur yang saya gunakan berupa konsentrat dari pabrik  yang dicampur dengan jagung halus, dan bekatul. “Komposisi bahan pakannya disesuaikan dengan saran pabrik yang mengeluarkan konsentrat,” Meskipum memang lebih murah jika kita menyusun pakan puyuh dari bahan-bahan yang kita buat sendiri misalnya tepung ikan, ampas tahu, tepung daun ketela pohon. Tetapi hal tersebut akan membuat kita kesulitan untuk membuatnya untuk kebutuhan banyak dan terus menerus, juga memakan waktu dan tenaga. Jika komposisi pakan selalu berubah karena ketidaktersediaan bahan maka akan menurunkan produksi telur. Lebih aman jika kita menyusun pakan dari bahan yang mudah didapat meskipun sedikit lebih mahal.

Di halaman ini saya khusus membahas Komposisi Pakan Puyuh petelur berdasarkan sistem coba-coba tetapi dengan berpatokan perkiraan banyak maksimum bahan pakan yang tercantum di tabel. Langsung aja ke topik..

Karena keterbatasan ketersediaan bahan yang ada pada setiap daerah di sini saya menggunakan konsentrat ayam petelur, karena konsentrat khusus puyuh atau pakan puyuh petelur yang sudah jadi dari pabrikan sulit didapatkan. Sedangkan bahan lainnya cuma memakai dedak halus dan jagung halus. Dari hasil coba-coba didapat hasil akhir :

Bahan dan Takaran Pencampuran Pakan sbb:
No
Bahan Pakan
Jumlah
Harga (IDR)
1 B-82 P 50 Kg 310.000
2 Katul Halus 40 Kg 80.000
3 Konsentrat 144 10 Kg 80.000
4 Mineral 1 Kg 5500
 
Dari pencampuran lima bahan di atas diperoleh perhitungan sebagai berikut :
Bahan Pakan
Jumlah
Protein
EM Kkal
​➤B 82-P​ ​50 Kg ​22.00​ 2700
​➤Konsentrat 10 Kg ​34.00​ 2700
​➤Katul Halus ​40 Kg ​11.00​ 2900
​➤Mineral ​1 Kg ​0.00​ 0.00
​➤Total Jumlah​ ​101 Kg ​24.00​ 2700

Dari pencampuran lima jenis bahan tersebut akan didapatkan kandungan protein 19.50% dengan energi metabolisme sebesar 2700 kkal. Sudah sesuai dengan kebutuhan puyuh saat umur masa bertelur.
Jika Anda mau memcari takaran silahkan tapi sesuaikan dengan rumus di atas.

Semoga Bermanfaat dan Terimakasih.
Mohon masukan jika ada kesalahan dan mohon ilmu jika anda berkenan membaginya seputar dunia Perpuyuhan.

Saung Gemak
Hanief Miftahul Huda
D/a : Jl. K Mustajib RT 001/002 Kel Kunir Kec Dempet
Kab Demak Jawa Tengah 59573

Kontak Person

WhatsApp Messenger

Posting Komentar

0 Komentar