DEFINISI SYNBIOTIC

Definisi Sinbiotik

Synbiotk adalah formula yang mengandung Probiotik dan Prebiotik digunakan dalam nutrisi hewan. Pada tahun 1995, mulai memperkenalkan istilah "Synbiotic" dengan cara ini kita dapat menentukan "campuran Probiotik dan Prebiotik yang menguntungkan, dengan meningkatkan kelangsungan hidup dan implantasi Suplement makanan Mikroba hidup dalam saluran Pencernaan, secara selektif merangsang pertumbuhan dan / atau pengaktifan metabolisme satu atau sejumlah bakteri yang dapat meningkatkan kesehatan dan titer antibodi, dengan demikian Synbiotik ini bisa dibilang dapat meningkatkan kesejahteraan inang. Karena kata "Sinbiotik" menyiratkan sinergi, istilah tersebut harus disediakan untuk produk-produk di mana komponen Prebiotik secara selektif mendukung Mikroorganisme Probiotik Tujuan utama dari kombinasi tersebut adalah peningkatan kelangsungan hidup Mikroorganisme Probiotik di saluran pencernaan. Synbiotik memiliki sifat Probiotik dan Prebiotik dan diciptakan untuk mengatasi beberapa kemungkinan kesulitan dalam kelangsungan hidup Mikroba Probiotik di saluran pencernaan. 
Probiotik secara menguntungkan mempengaruhi keseimbangan usus, dan merupakan penghalang protektif untuk saluran pencernaan. Prebiotik, di sisi lain, menyediakan energi dan nutrisi untuk bakteri Probiotik Oleh karena itu, kombinasi yang tepat dari kedua komponen dalam satu Produk harus memastikan efek yang unggul, dibandingkan dengan aktivitas Probiotik atau Prebiotik saja. Efek kesehatan Sinbiotik mungkin terkait dengan kombinasi individu Probiotik dan Prebiotik. Mempertimbangkan sejumlah besar kemungkinan kombinasi, penerapan Sinbiotik untuk modulasi mikrobiota usus pada hewan tampaknya menjanjikan.

Kriteria pemilihan sinbiotik
Kebanyakan dari semua, strain Probiotik dan Prebiotik dipertimbangkan dalam proses merancang formula Sinbiotik harus memenuhi semua kriteria yang disajikan dalam " Kriteria seleksi dan persyaratan untuk strain Probiotik " dan " Kriteria pemilihan Prebiotik ” Saat menyusun formula Sinbiotik, pemilihan Probiotik dan Prebiotik yang memiliki efek menguntungkan pada kesehatan inang ketika digunakan secara terpisah sangat penting. Ketika memilih zat probiotik, akan sangat membantu untuk menentukan sifat-sifatnya yang berpotensi bermanfaat bagi metabolisme Probiotik. Formula dapat dianggap sebagai Sinbiotik jika stimulasi selektif pertumbuhan mikroorganisme menguntungkan dikonfirmasi, bersama dengan tidak ada atau stimulasi terbatas pertumbuhan Mikroba lain. Aspek teknologi juga harus dipertimbangkan. Penentuan komposisi formula Sinbiotik adalah tugas yang sangat sulit, membutuhkan banyak penelitian.

Sinbiotik digunakan
Bagian sebelumnya membahas Mikroorganisme Probiotik dan zat Prebiotik yang paling umum digunakan dalam nutrisi hewan. Kombinasi bakteri Bifidobacterium atau genus Lactobacillus  dengan FOS dalam produk Sinbiotik tampaknya menjadi yang paling populer. 

Sinbiotik untuk hewan
Saluran pencernaan hewan, selain menjadi lingkungan bagi sejumlah besar mikroorganisme, juga memainkan peran imunologis yang signifikan dan merupakan penghalang paling penting yang melindungi inang dari racun, Patogen, dan konsekuensi dari tindakan mereka, yaitu peradangan. Saat ini data yang tersedia mengenai efek Sinbiotik pada kesehatan hewan belum mencukupi dan memerlukan penelitian lebih lanjut. Namun, mereka jelas menunjukkan aksi sinergis yang efektif dari Probiotik dan Prebiotik dalam pengurangan populasi bakteri patogen gastrointestinal.

Beberapa tahun terakhir telah melihat evolusi yang luar biasa dalam pengembangan dan penerapan alat molekuler tradisional dan berbasis DNA yang memungkinkan mikrobiolog untuk mengkarakterisasi dan memahami komunitas mikroba dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya ya itu proses Fermentasi Investigasi metagenomik, yang terdiri dari isolasi seluruh genom komunitas mikroba, konstruksi dan penyaringan perpustakaan klon, memungkinkan para ahli mikrobiologi untuk melihat skenario yang lebih lengkap dari komunitas Mikroba lingkungan, dan dengan demikian, untuk lebih memahami interaksi mikroba-lingkungan dapat di amati Metagenomik bisa menjadi strategi yang menjanjikan untuk menilai efek Sinbiotik dari Mikrobiota usus hewan.

Sebuah Penelitian mengkonfirmasi efek sinergis dari bakteri Lactobacillus paracasei yang dikombinasikan dengan FOS dalam Mikrobiota usus Burung Puyuh. Para peneliti mengamati peningkatan jumlah anaerob dan aerob total, dan peningkatan jumlah bakteri genus Lactobacillus dan Bifidobacterium yang menguntungkan pada kelompok hewan yang diberi makan dengan Sinbiotik. Pada saat yang sama, jumlah bakteri Escherichia coli , Enterobacteriaceae dan Clostridium menurun dalam feses Burung Puyuh yang diteliti

Kesimpulannya, para peneliti sepakat bahwa produk-produk Sinbiotik memberikan kemanjuran yang lebih baik dibandingkan dengan aplikasi Probiotik dan Prebiotik yang terpisah.
Meskipun banyak kesulitan yang terkait dengan pendaftaran aditif pakan, terutama dalam kategori aditif pakan zooteknis, ekonomi global modern dan kompetisi yang kuat mengakibatkan perlunya memperkenalkan teknologi baru untuk nutrisi hewan. Sejumlah laporan ilmiah mengkonfirmasi efek menguntungkan Probiotik pada kesehatan hewan, terutama dalam hal perlindungan terhadap Patogen, stimulasi respon imunologis dan peningkatan kapasitas produksi. Prebiotik dapat digunakan sebagai alternatif atau mendukung efek Probiotik. Menariknya, penggunaan kombinasi komponen-komponen yang menunjukkan efek sinergis bahkan mungkin lebih efisien dalam stimulasi mikrobiota usus dan perlindungan kesehatan hewan. Masalah terbesar yang dihadapi oleh para Peternak adalah membuat formula Sinbiotik yang tepat pemilihan Probiotik dan Prebiotik yang sesuai (selektivitas aksi yang tinggi). Pakan yang mengandung organisme Probiotik adalah harapan besar untuk bidang industri makanan itu. Harapannya bahkan lebih besar mengingat fakta bahwa konsumen tidak menerima produk hewani yang berasal dari hewan di mana zat antibakteri telah digunakan. Memenuhi semua harapan itu membutuhkan banyak kerja di bidang penelitian ilmiah, pengembangan teknologi inovatif dan pemulia yang meyakinkan bahwa pengeluaran untuk pakan yang mengandung Prebiotik akan menghasilkan efek produksi yang lebih baik dan kualitas produk hewani yang lebih tinggi, dan dengan demikian akan menjamin keuntungan ekonomi yang diharapkan. . Harus digaris bawahi bahwa penggunaan aditif pakan, seperti Probiotik, Prebiotik dan Sinbiotik adalah aman, tidak memiliki dampak negatif pada lingkungan alam dan akan mengurangi permintaan stimulator pertumbuhan berbasis antibiotik. Namun, mekanisme aksi organisme Probiotik, Prebiotik, serta kombinasinya dalam Sinbiotik, memerlukan penelitian lebih lanjut.

Demikian Penjelasan tertang Perbedaan Probiotik Prebiotik dan Sinbiotik, semoga bermanfaat dan membantu para Peternak yang ingin mencoba membuat-Nya sendiri

Recipe Synbiotik

Mungkin kalau pembaca ada yang ingin di tanyakan bisa langsung komentar
Atau chat langsung dengan Admin

Saung Ternak
HANIEF MIFTAHUL HUDA
D/a : Jl. K Mustajib RT 001/002 Kel Kunir Kec Dempet
Kab Demak Jawa Tengah 59573

Kontak Person

Posting Komentar

0 Komentar