DEFINISI PREBIOTIK

DEFINISI PREBIOTIK

Selain Probiotik, Prebiotik juga digunakan sebagai adittif pakan alami. Sudah pada tahun  para melaporkan bahwa setelah mengkonsumsi karbohidrat Mikrobiota usus manusia atau Hewan diperkaya dengan bakteri Asam Laktat Konsep Prebiotik pertama kali dimulai pada 1995 Konsep ini telah berkembang sejak dulu. 
Definisi yang saat ini digunakan dibuat pada bulan Desember 2016 oleh Asosiasi Ilmiah Internasional Probiotik dan Prebiotik (ISAPP). Definisi tersebut mengatakan bahwa kelompok Prebiotik dapat melibatkan zat lain selain karbohidrat (seperti polifenol dan Asam lemak tak jenuh ganda yang diubah menjadi asam lemak terkonjugasi yang sesuai), dan dapat bertindak tidak hanya dalam saluran pencernaan. 
Aspek penting lainnya adalah bahwa mereka tidak lagi terbatas pada makanan manusia, tetapi dapat juga dipertimbangkan dalam kategori lain, seperti nutrisi hewan. 
Disisi lain, persyaratan mengenai mekanisme selektif modulasi Mikrobiota serta kondisi efek menguntungkan yang didokumentasikan pada kesehatan inang telah dipertahankan.

Definisi Prebiotik
Banyak nutrisi berbeda, seperti pektin, selulosa, dan xilan, yang mendukung pengembangan berbagai Mikroorganisme usus. Prebiotik tidak boleh dimetabolisme secara luas, tetapi harus menginduksi proses metabolisme yang ditargetkan, sehingga membawa manfaat kesehatan bagi ekosistem inang. Manfaat yang terdokumentasi terbaik terkait dengan penggunaan oligosakarida yang tidak dapat dicerna, seperti fructans dan galactans Fenomena itu dijelaskan oleh, antara lain, degradabilitas atau ikatan yang mudah hadir dalam struktur fructo-oligosaccharides dan galacto-oligosaccharides oleh enzim tertentu, seperti β-fructanosidase dan β-galactosidase, umumnya terjadi di Bifidobacteriumbakteri genus. 
Beberapa jenis serat nutrisi dapat dianggap Prebiotik. Prebiotik memainkan peran penting dalam nutrisi ternak dan hewan peliharaan di rumah. Ketika menilai efek Prebiotik pada kesehatan, kita harus memperhitungkan fakta bahwa semua kelompok hewan yang disebutkan di atas berbeda dalam hal anatomi, fisiologi, nutrisi, mikrobiota usus dan habitat.

Selain Probiotik, Prebiotik juga digunakan sebagai adittif pakan alami. Para Peneliti melaporkan bahwa setelah mengkonsumsi karbohidrat Mikrobiota usus manusia atau Hewan diperkaya dengan bakteri Asam Laktat.
Konsep Prebiotik pertama kali dimulai pada 1995 Konsep ini telah berkembang sejak dulu. Definisi yang saat ini digunakan dibuat pada bulan Desember 2016 oleh Asosiasi Ilmiah Internasional Probiotik dan Prebiotik (ISAPP). Definisi tersebut mengatakan bahwa kelompok Prebiotik dapat melibatkan zat lain selain karbohidrat (seperti polifenol dan Asam lemak tak jenuh ganda yang diubah menjadi asam lemak terkonjugasi yang sesuai), dan dapat bertindak tidak hanya dalam saluran pencernaan. 
Aspek penting lainnya adalah bahwa mereka tidak lagi terbatas pada makanan manusia, tetapi dapat juga dipertimbangkan dalam kategori lain, seperti nutrisi hewan.
Di sisi lain, persyaratan mengenai mekanisme selektif modulasi mikrobiota serta kondisi efek menguntungkan yang didokumentasikan pada kesehatan inang telah dipertahankan.

Definisi prebiotik
Banyak nutrisi berbeda, seperti pektin, selulosa, dan xilan, mendukung pengembangan berbagai Mikroorganisme usus. Prebiotik tidak boleh dimetabolisme secara luas, tetapi harus menginduksi proses metabolisme yang ditargetkan, sehingga membawa manfaat kesehatan bagi ekosistem inang. Manfaat yang terdokumentasi terbaik terkait dengan penggunaan oligosakarida yang tidak dapat dicerna, seperti fructans dan galactans. Fenomena itu dijelaskan oleh, antara lain, degradabilitas ikatan yang mudah hadir dalam struktur fructo-oligosaccharides (FOS) dan galacto-oligosaccharides (GOS) oleh enzim tertentu, seperti β-fructanosidase dan β-galactosidase, umumnya terjadi di Bifidobacterium bakteri genus. Beberapa jenis serat nutrisi dapat dianggap prebiotik. Prebiotik memainkan peran penting dalam nutrisi ternak dan hewan peliharaan di rumah. Ketika menilai efek prebiotik pada kesehatan, kita harus memperhitungkan fakta bahwa semua kelompok hewan yang disebutkan di atas berbeda dalam hal anatomi, fisiologi, nutrisi, mikrobiota usus dan habitat

Kriteria  Pemilihan Prebiotik
Untuk menentukan dan menunjukkan bahwa suatu zat adalah Prebiotik Potensial, seseorang harus menunjukkan sumbernya atau asal, kemurniannya komposisi dan struktur kimianya. Prebiotik harus mencakup peraturan yang aman yang diperlukan oleh semua negara, seperti dosis yang tepat dan evaluasi efek samping, tidak ada kontaminan dan kotoran, jangan ubah Mikrobiota usus untuk mendapatkan efek negatif pada inang. Ditekankan bahwa istilah Prebiotik hanya dapat digunakan ketika efek kesehatan yang menguntungkan terkait dengan modulasi Mikrobiota.
Ada lima kriteria dasar untuk klasifikasi komponen makanan sebagai prebiotik 

Kriteria Pertama : 
Diasumsikan bahwa zat Prebiotik harus tahan terhadap pencernaan pada bagian atas saluran pencernaan. 
Akibatnya, Prebiotik mencapai usus besar, dimana mereka difermentasi secara selektif oleh bakteri usus yang berpotensi sangat menguntungkan 
Kriteria Kedua :
Fermentasi dapat menyebabkan perubahan dalam proses metabolisme, dan meningkatkan operasi sistem imunologis, sehingga memberikan efek menguntungkan pada kesehatan inang 
Kriteria ketiga :
Yang sangat penting adalah stimulasi selektif pertumbuhan bakteri-bakteri Probiotik
Kriteria Ke Empat :
Fitur teknologi Prebiotik, yang terkait dengan keberhasilan pembuatan dan ketersediaannya untuk metabolisme bakteri di usus, adalah penting 
Kriteria Ke Lima : 
Di antara zat Prebiotik adalah : karbohidrat yang tidak dapat diserap (oligosakarida dan polisakarida), peptida, protein, dan lipid. Legum, buah dan sereal adalah sumber alami Prebiotik. Namun, banyak zat serupa disintesis menggunakan metode industri kimia dan enzimatik Beberapa Prebiotik umum digunakan adalah :

FOS, oligofructose, 
Trans-galacto-oligosakarida (TOS), g
 Glico-oligosccharides,
Laktulosa, laktitol, Malto-oligosakarida, Xylo-oligosakarida, stachyose dan rafinosa

Ketika mereka mencapai usus besar, zat-zat itu menjadi substrat nutrisi untuk bakteri usus yang bermanfaat, dalam hal sifat yang menentukan efek yang menguntungkan pada kesehatan inang, Prebiotik dapat dibagi menjadi kelompok-kelompok berikut :

Tidak dicerna (atau hanya dicerna sebagian), tidak diserap dalam usus kecil, difermentasi dengan buruk oleh bakteri dalam rongga mulut, difermentasi dengan baik oleh bakteri usus yang tampaknya bermanfaat dan difermentasi dengan buruk oleh patogen potensial di usus Prebiotik yang paling umum digunakan dalam nutrisi ternak adalah FOS, GOS, inulin, isomalto-oligosaccharides (IMO), xylo-oligosaccharides (XOS), lacticol, lactulose, serat sereal. Ketika merancang komposisi formula Prebiotik, penentuan dosis yang tepat sangat penting. Overdosis Prebiotik dapat menyebabkan perut kembung dan diare. 

Di sisi lain, keuntungan besar dari formula semacam itu adalah bahwa mereka dapat digunakan untuk waktu yang lama dan pencegahan, karena tidak ada efek samping yang dicatat untuk antibiotik. menyajikan contoh formula yang digunakan dalam nutrisi ternak dan mengandung zat prebiotik. Akan kami bahas untuk artikel berikutnya.

Di bawah ini adalah daftar beberapa makanan yang mengandung Prebiotik :

  • Oats
  • Pisang
  • Buah Berry
  • Asparagus
  • Bawang merah
  • Bawang putih

Kesimpulan

Peliharalah keseimbangan bakteri yang ada pada sistem pencernaan tubuh karena keseimbangan antara bakteri baik dan bakteri jahat memiliki fungsi penting bagi kesehatan. Untuk menyeimbangkannya, komsumsilah makanan sumber probiotik dan prebiotik dengan cukup. Penggunaan suplemen diperbolehkan dengan terlebih dahulu mengonsultasikan kondisi tubuh Anda kepada tenaga medis.

Berbagai adittif pakan digunakan dalam penelitian tentang efek Prebiotik pada Mikrobiota gastrointestinal dan kondisi kesehatan ternak secara umum. diberikan dengan dosis 35ml/ kg pakan untuk anak Kambingselama 6 minggu. Peningkatan jumlah tinja Bifidobacterium dan Lactobacillus yang signifikan ditemukan dibandingkan dengan kelompok kontrol dengan antibiotik syntetis
campuran Prebiotik baru yang dihasilkan sebagai hasil dari aktivitas transferase galaktosil pada bakteri Bifidobacterium bifidum 41171. Pemberian Prebiotik pada anak Kambing dengan dosis 40 ml / kg pakan dalam sistem 3 langkah kultur berkelanjutan menyebabkan peningkatan Bifidobacterium yang signifikanjumlah dan kadar asam asetat, dengan penurunan pH usus secara simultan, dibandingkan dengan kelompok kontrol dan diet dengan penambahan Antibiotik Syntetis. Selain itu, campuran oligosakarida yang dipelajari menyebabkan penghambatan kuat adhesi Escherichia E-Colli dan Salmonella enterica serotipe Typhimurium ke sel HT29 dalam studi in vitro Sebuah penelitian menarik juga dilakukan pada pengaruh varietas gandum  dengan komposisi karbohidrat berbeda pada mikrobiota usus 72 anak Kambing yang disapih, selama 15 hari. Ditemukan, bahwa peningkatan kadar β-glukan dan perubahan dalam rasio amilopektin dan amilosa menyebabkan modulasi selektif pertumbuhan bakteri asam butirat yang mampu menghidrolisis beberapa karbohidrat kompleks.
Seperti xilan atau β-glukan. Oleh karena itu, perbedaan antara varietas sereal dalam bentuk dan jumlah karbohidrat memiliki efek pada mikrobiota usus anak Kambing, dan pilihan sereal yang tepat memiliki efek positif pada jumlah Bifidobacterium dan Lactobacillus .

Memeriksa efek Prebiotik yang digunakan dalam dosis: 0, 2, 4 dan 8 ml / kg pakan pada aktivitas enzim pencernaan dan pada morfologi usus dan mikrobiota. Ditemukan bahwa pemberian Prebiotik pada dosis 4 ml / kg pakan memiliki efek positif pada rata-rata pertumbuhan harian hewan yang diteliti, dan pada pertumbuhan bakteri Bifidobacterium dan Lactobacillus , dengan penghambatan pertumbuhan Escherichia coli secara simultan di saluran pencernaan Burung Puyuh. 
Di sisi lain, dalam penelitian yang  dilakukan pada Burung Puyuh selama 8 minggu mulai dari umur 0 hari tidak ada efek FOS yang digunakan pada konsentrasi 0,5, 1 dan 2% ditemukan pada pertumbuhan dan produktivitas hewan. Namun, penurunan pH usus tercatat dalam kasus pemberian FOS pada konsentrasi 2%. Suplementasi Pakan Burung Puyuh dengan Prebiotik menghasilkan penurunan pH gastrointestinal dan peningkatan jumlah Lactobacillus dan Bifidobacterium , yang disebabkan oleh peningkatan jumlah asam lemak volatil  Dalam sebuah penelitian Eropa Peneliti memelihara 380 Burung Puyuh selama 35 hari, memberi mereka air minum dengan tambahan sirup yang mengandung fruktana (0,5%) yang mengandung artichoke.  Efek suplementasi fruktana pada mikrobiota usus hewan dipelajari. Diamati bahwa penambahan fructanes ke air minum menyebabkan pengurangan jumlah Clostridium perfringens , dan penurunan tingkat bakteri endotoksin. menganalisis efek penambahan inulin dan MOS yang diberikan pada Burung Puyuh add libitum dalam dua konsentrasi yang berbeda (0,1 dan 0,4%) sebagai suplemen pakan, selama periode 8 minggu pemeliharaan. Tidak ada konsumsi pakan meningkat atau lebih tinggi berat badan Burung Puyuh diamati. Namun, pada kelompok yang diberi makan Prebiotik, konsentrasi SCFA yang lebih tinggi diamati dibandingkan dengan kelompok kontrol.  memverifikasi efek isomalto-oligosaccharides (IMO) yang diberikan dalam konsentrasi berikut: 1, 2 dan 4% (berat) pada mikrobiota usus ayam broiler yang terinfeksi Salmonella Typhimurium. Suplementasi pakan ternak dengan IMO menyebabkan penurunan signifikan SalmonellaJumlah typhimurium. Sementara mengunyah, pencernaan dan efektivitas pakan yang diberikan tidak berbeda secara signifikan dari kelompok kontrol. Juga diamati bahwa penambahan IMO untuk memberi makan menyebabkan peningkatan jumlah bakteri Bifidobacterium genus. Selain itu penurunan berat yang signifikan diamati dalam kasus burung yang diberi makan 1% IMO dibandingkan dengan hewan kontrol yang diberi makan dengan pakan yang tidak dimodifikasi. Namun demikian, penambahan Prebiotik memiliki efek positif pada peningkatan Bifidobacterium bakteri dalam usus Burung Puyuh studi. Kesimpulannya, efek utama Prebiotik pada kesehatan unggas terdiri dari peningkatan jumlah Bifidobacterium dan pengurangan kolonisasi usus oleh bakteri patogen Hasil studi tentang efek prebiotik pada kesehatan hewan seringkali bertentangan, yang merupakan hasil dari spesifisitas tinggi senyawa individu, berbagai dosis dan waktu aplikasi. Tabel  7 menyajikan contoh studi tentang efek prebiotik pada kesehatan hewan Pemilihan Prebiotik
Untuk menentukan dan menunjukkan bahwa suatu zat adalah prebiotik potensial, seseorang harus menunjukkan sumbernya, asal, kemurnian, komposisi dan struktur kimianya. Prebiotik harus mencakup peraturan yang aman yang diperlukan oleh semua negara, seperti memiliki status Umumnya Diakui Sebagai Aman (GRAS), dosis yang tepat dan evaluasi efek samping, tidak ada kontaminan dan kotoran, jangan ubah mikrobiota usus untuk mendapatkan efek negatif pada inang. Ditekankan bahwa istilah prebiotik hanya dapat digunakan ketika efek kesehatan yang menguntungkan terkait dengan modulasi mikrobiota di situs tertentu 

Ada Empat kriteria dasar untuk klasifikasi komponen makanan sebagai Prebiotik 
Pertama, Diasumsikan bahwa zat Prebiotik harus tahan terhadap pencernaan pada bagian atas saluran pencernaan. Akibatnya, Prebiotik mencapai usus besar, di mana mereka difermentasi secara selektif oleh bakteri usus yang berpotensi menguntungkan
Kedua Fermentasi dapat menyebabkan perubahan dalam proses metabolisme, dan meningkatkan operasi sistem imunologis, sehingga memberikan efek menguntungkan pada kesehatan inang
Ketiga. Yang sangat penting adalah stimulasi selektif pertumbuhan bakteri Probiotik 
 Ke Empat : Teknologi Prebiotik, yang terkait dengan keberhasilan pembuatan dan ketersediaannya untuk metabolisme bakteri di usus, adalah penting

Zat prebiotik
Di antara zat Prebiotik ada : karbohidrat yang tidak dapat diserap (oligosakarida dan polisakarida), peptida, protein, dan lipid. Legum, buah dan sereal adalah sumber alami Prebiotik. Namun, banyak zat serupa disintesis menggunakan metode industri kimia dan enzimatik Beberapa prebiotik yang umum digunakan adalah: FOS, oligofructose, trans-galacto-oligosakarida (TOS), gluco-oligosakarida, glico-oligosccharides, laktulosa, laktitol, Malto-oligosakarida, Xylo-oligosakarida, stachyose dan rafinosa Ketika mereka mencapai usus besar, zat-zat itu menjadi substrat nutrisi untuk bakteri usus yang bermanfaat. Dalam hal sifat yang menentukan efek yang menguntungkan pada kesehatan inang, Prebiotik dapat dibagi menjadi kelompok-kelompok berikut : tidak dicerna (atau hanya dicerna sebagian), tidak diserap dalam usus kecil, difermentasi dengan buruk oleh bakteri dalam rongga mulut, difermentasi dengan baik oleh bakteri usus yang tampaknya bermanfaat dan difermentasi dengan buruk oleh patogen potensial di usus Prebiotik yang paling umum digunakan dalam nutrisi ternak adalah : FOS, GOS, inulin, isomalto-oligosaccharides (IMO), xylo-oligosaccharides (XOS), lacticol, lactulose, serat sereal. 
Ketika merancang komposisi formula Prebiotik, penentuan dosis yang tepat sangat penting. Overdosis Prebiotik dapat menyebabkan perut kembung dan diare. Di sisi lain, keuntungan besar dari formula semacam itu adalah bahwa mereka dapat digunakan untuk waktu yang lama dan pencegahan, karena tidak ada efek samping yang dicatat untuk antibiotik. 

Berbagai aditif pakan digunakan dalam penelitian tentang efek Prebiotik pada Mikrobiota gastrointestinal dan kondisi kesehatan hewan secara umum. Prebiotik diberikan dengan dosis 35 ml / kg pakan untuk Burung Puyuh selama 6 minggu. Peningkatan jumlah Bifidobacterium dan Lactobacillus yang signifikan ditemukan dibandingkan dengan kelompok kontrol.
Oleh karena itu, perbedaan antara varietas sereal dalam bentuk dan jumlah karbohidrat memiliki efek pada mikrobiota usus Burung Puyuh, dan pilihan sereal yang tepat memiliki efek positif pada jumlah Bifidobacterium dan Lactobacillus .
Sedangkan dengan dosis: 0, 2, 4 dan 8 ml / kg pakan pada aktivitas enzim pencernaan dan pada morfologi usus dan mikrobiota. Ditemukan bahwa pemberian Prebiotik pada dosis 4 ml / kg pakan memiliki efek positif pada rata-rata pertumbuhan harian hewan yang diteliti, dan pada pertumbuhan bakteri Bifidobacterium dan Lactobacillus , dengan penghambatan pertumbuhan Escherichia coli secara simultan di saluran pencernaan Burung Puyuh. 
Mempelajari pengaruh pemberian Saccharomyces cerevisiae ragi yang mengandung MOS di dinding sel mereka ada pengurangan jumlah berbagai patogen usus pada Burung Puyuh. Diamati bahwa pemberian ragi yang mengandung MOS menghasilkan berkurangnya jumlah Salmonella di usus anak Burung Puyuh sebesar 26%, dibandingkan dengan hewan kontrol yang menerima makanan yang tidak dimodifikasi. 

Sementara cukup sekian dulu postingan yang membahas tentang Prebiotik
Admin Sangat berterima kasih kepada teman-teman peternak yang mau singgah dan share postingan admin ini

Saung Ternak Mandiri
D/a : Jl. K Mustajib RT 001/002 Kel Kunir Kec Dempet
Kab Demak Jawa Tengah 59573

Kontak Person

 

Posting Komentar

0 Komentar