MANFAAT DAUN INSULIN UNTUK DIABETES

MANFAAT DAUN INSULIN DALAM MENURUNKAN
GULA DARAH UNTUK PENDERITA DIABETES


Seberapa besar manfaat daun insulin dalam menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Benarkah orang dengan gangguan gula darah membutuhkan daun insulin karena kandungannya yang mengandung kadar insulin?
Tanaman Insulin (Smallanthus sonchifolius) memang bukan tumbuhan asli Indonesia. Maka wajar saja nama tanaman ini jarang atau kurang populer dalam dunia herbal atau pengobatan tradisional Indonesia.
Insulin merupakan jenis tumbuhan yang berasal dari Meksiko dan banyak terdapat di kawasan Amerika hingga Asia-Afrika. Tanaman ini juga populer dengan sebutan ‘Mexican Sunflower’ dengan bentuk bunganya yang indah.
Manfaat daun insulin mungkin tak sepopuler daun katuk atau daun dewa yang memang berasal dari tanah air. Bahkan mungkin banyak orang yang belum tahu atau pernah mendengar nama tanaman yang satu ini.
Begitu juga bunganya yang kuning dengan kelopak berwarna oranye seperti bunga aster. Tanaman ini mempunyai umbi dengan dagingnya yang berwarna putih, krem, atau kuningan.
Beragam Manfaat Daun Insulin untuk Kesehatan Tubuh
Tanaman insulin mengandung banyak zat gizi dan fitokimia yang sangat penting untuk kesehatan manusia. Umbinya mengandung fruktosa atau gula. Selain itu, serat larutnya atau zat oligofruktosa akan menjadi bakteri yang baik sebagai prebiotik bagi usus.
Selain khasiatnya yang kabarnya baik untuk mengendalikan kadar gula darah, herbal ini juga berkhasiat untuk tubuh. Berikut ini berbagai manfaat daun insulin untuk kesehatan tubuh yang sebaiknya Anda tahu.
Menurunkan Gula Darah
Sebuah riset The Journal of Ethnopharmacology menyebutkan bahwa pemberian daun insulin selama 30 hari pada tikus percobaan memberikan hasil yang signifikan dalam menurunkan kadar gula darah dan berat badan. Chemico-Biological Interactions melaporkan hasil studi yang menguatkan penelitian tersebut. Mereka mempublikasikan bahwa ilmuwan menguji tikus yang sudah mendapat suntikan penyakit gula darah. Setelah mendapat ekstrak daun insulin selama 8 minggu ternyata memberikan hasil yang menggembirakan.
Namun Ilmuan Brasil melakukan uji klinis serupa dengan hasil yang berbeda. Dalam percobaan ini ilmuan memberikan ekstrak daun insulin selama 90 hari. Hasilnya justru memperlihatkan efek yang buruk. Selain menyebabkan kerusakan ginjal pada tikus, kadar glukosa darah justru meningkat.
Menurunkan Kolesterol Tubuh
Manfaat daun insulin untuk kesehatan juga dari hasil ekstraknya yang berkhasiat dalam menurunkan kadar kolesterol tubuh. Ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan jantung dan menekan risiko penyakit kardiovaskular.
Bersifat Anti Kanker
Sejumlah penelitian menemukan bahwa kandungan ekstrak daun insulin bersifat anti kanker. Kandungan ini sangat berkhasiat untuk menangkal kanker maupun mengatasi kanker yang menyerang tubuh.
Bersifat Anti Mikroba
Ekstrak daun insulin juga mengandung zat anti mikroba dari kandungan metanol dalam tanaman ini. Kandungan ini berguna dalam melindungi tubuh terhadap serangan dan gangguan jamur dan bakteri.
Meredakan Hipertensi
Tanaman insulin, berdasarkan sejumlah penelitian, juga mempunyai efek diuretik. Konsumsi herbal ini akan merangsang ginjal untuk membuang garam dan zat tidak penting lainnya lewat urine.
Manfaat daun insulin ini mirip dengan furosemide yang sudah populer dalam pengobatan penyakit edema dan tekanan darah tinggi.
Kaya Kandungan Antioksidan
Baik daun insulin maupun bagian akarnya juga kaya dengan kandungan antioksidan. Zat ini berguna untuk melindungi tubuh dalam menangkal radikal bebas utamanya yang menyerang hati, ginjal, dan pankreas
Sifat antioksidan ini terutama berasal dari senyawa bioaktif quercetin dan diosgenin. Bahkan sejumlah riset menemukan kandungan ini terbilang cukup tinggi yang sangat berguna dalam melindungi tubuh.
Melancarkan Pencernaan
Manfaat daun insulin lainnya juga dari kandungan prebiotik-nya yang berguna dalam melancarkan dan menjaga kesehatan pencernaan. Pencernaan yang terjaga akan mengoptimalkan penyerapan nutrisi dari makanan.
Herbal ini juga mempunyai efek pencahar yang bisa mengatasi gangguan kembung, konstipasi, maupun tukak lambung. Ekstrak daun ini kabarnya juga baik untuk mengatasi kanker usus besar.
Menurunkan Berat Badan
Beberapa penelitian melaporkan adanya manfaat daun insulin dalam menurunkan berat badan. Tingginya kandungan serat membuat perut kenyang lebih lama. Namun khasiat ini kabarnya masih butuh penelitian lebih lanjut.
Menjaga Fungsi Hati
Kandungan senyawa antivirus dan antibakteri dalam daun insulin juga berguna dalam melindungi fungsi hati dari infeksi patogen. Sejumlah riset juga memperlihatkan konsumsi ekstrak daun ini berguna mencegah penumpukan lemak dalam hati.
Mengatasi Gangguan Saluran Kemih
Daun insulin juga berkhasiat dalam mengatasi gangguan saluran kemih. Jika Anda mengalami kesulitan buang air kecil, bisa mencoba ekstrak daun insulin. Penyebab gangguan ini umumnya dari bakteri yang bisa sembuh dengan mengonsumsi daun insulin.
Meredakan Radang Tenggorokan
Minum air rebusan daun insulin juga berkhasiat dalam meredakan radang tenggorokan. Manfaat daun insulin karena kandungan fitokimianya yang mampu menangkal bakteri dan kuman yang bersarang pada tenggorokan.
Mengatasi Rasa Nyeri
Kandungan daun insulin juga mempunyai efek analgesik yang berguna untuk mengatasi dan meredakan nyeri. Khasiat herbal ini mampu menenangkan sistem syaraf sehingga nyeri terasa berkurang.
Menjaga Kesehatan Kulit
Kandungan antioksidan dalam daun insulin juga bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit tubuh. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara merebus daun ini ataupun dengan membuat ramuan masker.
Efek Samping Daun Insulin
Selain manfaat daun insulin untuk kesehatan tubuh yang cukup banyak, namun tanaman ini juga menyimpan efek negatif yang sebaiknya Anda ketahui. Hal ini penting agar Anda bisa mencegah dan menghindari efek sampingnya.

Berdasarkan sejumlah hasil penelitian, konsumsi daun insulin secara terus menerus dan dalam waktu yang lama justru buruk untuk kesehatan tubuh. Salah satunya, herbal ini justru akan merusak organ ginjal.
Percobaan terhadap tikus percobaan dengan memberikan ekstrak daun insulin selama 90 hari atau 3 bulan terus menerus justru membuat organ ginjalnya mengalami kerusakan.
Itulah informasi tentang berbagai manfaat daun insulin untuk kesehatan tubuh. Khusus untuk penderita diabetes melitus yang ingin mencoba menggunakan herbal ini, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Wassalam...

Saung Ternak Mandiri
Hanief Miftahul Huda
D/a : Jl. K Mustajib RT 001/002 Kel Kunir Kec Dempet
Kab Demak Jawa Tengah 59573

Kontak Person

Posting Komentar

0 Komentar