EEG DROP SYNDROME PADA BURUNG PUYUH

EEG DROP SYNDROME PADA BURUNG PUYUH PETELUR


Penurunan Produksi Telur dapat didefinisikan sebagai kegagalan Produksi Telur atau untuk mencapai puncak produksi yang normal. Egg Drop Syndrome yang berbeda pertama kali diidentifikasi di Irlandia Utara. Rupanya penyakit serupa telah terlihat selama 4 tahun pada Indukan Ayam Broiler di Belanda. Penyebabnya telah diidentifikasi sebagai Adenovirus BC14, 127, Pertama kali diisolasi di Irlandia Utara pada tahun 1976. (Sumber : https://thepoultrysite.com)

Egg Drop Syndrome bukti kuat menunjukkan bahwa rute utama penularan adalah melalui telur (Penularan Vertikal) namun tidak jarang juga terjadi penularan secara horizontal. Kontaminasi tempat menyimpan telur Fertil jadi pusat paparan Infeksi dan berperan dalam transmisi, contoh lainnya adalah serangga/nyamuk yang menggigit Burung Puyuh yang sudah terinfeksi menjadi Carier

Pengertian Egg Drop Syndrome
Egg Drop Syndrome (EDS) Adalah suatu penyakit yang menyerang Burung Puyuh yang disebabkan oleh kelompok virus adeno. Burung Puyuh  yang terserang oleh penyakit ini akan mempengaruhi produksi telur. Kerabang telur lembek atau tidak membentuk kerabang, sementara puyuhnya sendiri terlihat sehat. Penyakit ini biasanya dijumpai pada Burung puyuh  Petelur juga pada ayam layer yang sedang masa dalam puncak produksi.

Morbiditas Dan Mortalitas
Egg drop syndrome biasanya berlangsung 4 sampai 10 minggu. Selama masa itu terjadi penurunan produksi telur dari 10% hingga 40% tentunya ini sangat berdampak bagi peternak Burung Puyuh. Tingkat  kekebalan Burung Puyuh yang bagus terhadap penyakit ini masih bisa menyebabkan penurunan  produksi 2% sampai 4%. Pada  puyuh, penurunan produksi telur adalah 10% hingga 40%. Kematian masih di ambang wajar.
Dalam mendiagnosis Egg Droop Sydrome  dapat dilakukan dalam tiga cara diagnosis yaitu :

Diagnosis Labotarium
Adenovirus dapat diisolasi dari indukan Burung Puyuh atau dari  telur Fertil, dan dari kultur sel. Garis sel yang rentan terhadap paparan Infeksi ini termasuk bebek dan telur ayam, hati, ginjal bebek, dan fibro sel-sel blast. Virus dapat diisolasi langsung dari saluran reproduksi indukan Burung Puyuh yang terinfeksi. Antigen virus dapat dideteksi dengan Reaksi Rantai Polimerase (PCR) atau antigen-capture (enzyme-linked immunoassay) teknik imunofluoresensi telah digunakan dalam beberapa kasus Tes serologi Hemaglutinasi Inhibisi termasuk menggunakan indukan Burung Puyuh, dan Netralisasi Serum. Tes imunodifusi ganda juga telah digunakan.

Diagnosis lainya
Gizi dan faktor-faktor manajemen lainnya berdasar diagnosa atau pengamatan. Penurunan Produksi dan rendahnya kualitas cangkang juga dapat terjadi pada serangan penyakit lain seperti bronkitis (IB), Penyakit Newcastle Desease (ND) dan Flu Burung (H5N1), namun burung puyuh yang terinfeksi penyakit ini biasanya menjadi sakit. Tapi pada kasus EDS hal ini tidak terjadi burung puyuh akan tetap terlihat sehat tidak ada peningkatan mortalitas hanya produksi telur yang turun drastis.

Gambar : Telur Efek EDS

Gejala Klinis 
Egg drop syndrome telah dilaporkan pada ayam dan burung puyuh. Gejala utama adalah penurunan produksi telur dan  kualitas telur yang di hasilkan abnormal.
Penyakit sering terjadi pada puyuh petelur usia 10 – 15  minggu dan ayam layer 32 – 40 minggu.  Puyuh atau ayam  tampak sehat, tidak memperlihatkan gejala sakit kecuali penurunan produksi yang sangat drastis disertai penurunan kualitas telur. Biasanya semakin besar penurunan kuantitas telur yang diproduksi makin rendah pula kualitasnya. Tetapi adakalanya penurunan kualitas telur mendahului penurunan produksi telur. kerabang telur berubah warna menjadi lebih pucat, lembek atau kasar dan telur berubah bentuk atau kecil. Berikut adalah beberapa Tanda tanda serangan EDS pada Burung Puyuh pada masa puncak produksi

Produksi Drops mungkin 5 sampai 50% dan bertahan selama 3-4 minggu.
Telur kasar, tipis, atau lunak, dan telur tanpa kulit.
Hilangnya pigmen kulit (Telur tidak bercangkang)
Kualitas internal buruk.
Lesi Post Mortem
Tidak ada lesi yang spesifik - hanya sedikit atrofi ovarium pada saluran telur.
Histopatologi - dimungkinkan untuk menunjukkan perubahan degeneratif dalam sel epitel magnum saluran telur.
Diagnosa
Riwayat, tanda/lesi (terutama kekurangan). Isolasi agen haemagglutinatin dalam telur bebek atau kultur sel, kelompok antigen berbeda dari adenovirus klasik (sel putih, swap tenggorokan, saluran telur).

Pengobatan Egg Droop Syndrome
Tidak ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit EDS 76. usaha yang dapat  kita lakukan adalah menjaga dan meningkatkan imunitas/kondisi Burung Puyuh adat  tetap baik dan meningkatkan nafsu makan dengan memberikan multivitamin Dosis tinggi yang dipadukan dengan Oriental Herbal Nutrien (OHN). Infeksi sekunder dapat dicegah dengan memberikan rebusan Bahan Herbal+Probiotik Extra 99, Dapat pula diberikan pemanasan tambahan pada kandang.

Pencegahan
Melakukan sanitasi kandang dan lingkungan termasuk mencegah binatang liar masuk ke dalam kandang. Usahakan Peternakan dikelola dengan baik sehingga memungkinkan suasana nyaman bagi Burung Puyuh, antara lain : jumlah puyuh pada suatu luasan kandang tidak terlalu padat, ventilasi udara dalam kandang mencukupi dan sebisa mungkin dilaksanakan sistem Pengamanan yang maksimal.
Pengobatan yang efektif tidak ada. Pencegahan dapat dilakukan dengan mengusahakan galur puyuh yang bebas dari EDS, dan bila terjadi infeksi perlu dihindarkan terjadinya pencemaran ke kandang lain. Puyuh  yang terserang EDS dapat dipotong dan dagingnya boleh dikonsumsi. Sisa pemotongan harus dimusnahkan dengan cara dikubur atau dibakar. Telurnya dapat dikonsumsi dan diperdagangkan setelah direbus. Semoga bermanfaat
Masalah manajemen yang kurang baik menjadi penyebab terjadinya interaksi,  kualitas air yang tidak memadai, suhu ekstrem, program pencahayaan yang tidak memadai, perubahan formula pakan.
Kekurangan nutrisi harus dipertimbangkan, khususnya vitamin E, B 12 , dan D serta kalsium, fosporus, selenium. 

Demikian Postingan kali ini saya menjelaskan tentang Penyakit Egg Drop Syndrome yang terjadi pada Burung Puyuh Petelur dan unggas lainnya. Semoga dapat bermanfaat bagi para Peternak Burung Puyuh se Indonesia.


Saung Gemak
Hanif Miftahul Huda
DS. Bandung Kidul RT 001 RW 002 Kel. Kunir
Kec. Dempet Kab Demak 59573

Untuk Pemesanan Probiotik
Kontak Kami

Posting Komentar

0 Komentar